7 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

manfaat daun salam bagi kesehatan
Pernah mencoba menu pindang ikan khas Palembang? Jika iya, Anda pasti terpesona dengan rasanya yang gurih dan nikmat. Masakan tradisional Palembang tersebut memiliki sumber rasa khas yang kini bukan lagi rahasia: daun salam. Konon, jika seseorang lalai dan tak menambahkan daun salam pada pindang ikan ini maka rasanya menjadi teramat biasa. Karena itu, wajib hukumnya menggunakan daun salam dalam proses meracik pindang ikan ini. Sebenarnya hampir semua masakan tradisional Indonesia menggunakan daun salam. Misalnya saja opor ayam, garang asem, nasi uduk hijau daun, serundeng daging, gulai kepala ikan kakap dan masih banyak lagi lainnya. Ya, daun salam ini memang sumber kenikmatan di berbagai kuliner. Tapi tak cukup sampai itu, sebab daun dengan ujung runcing ini ternyata juga memiliki ragam khasiat. Lantas, apa saja manfaat daun salam bagi kesehatan?


Sehat Dengan Daun Salam

Nenek moyang kita tak hanya mewariskan daun salam sebagai bumbu penyedap masakan. Daun dengan ujung runcing ini juga dikenal sebagai tanaman obat yang khasiatnya telah diketahu sejak ratusan tahu yang lalu. Dan kini, manfaat daun salam bagi kesehatan juga telah dikuatkan oleh fakta ilmiah. Memang di dalam daun salam terkandung sejumlah senyawa penting salah satunya zat anti-oksidan.

Apa saja manfaat daun salam bagi kesehatan? Silahkan simak pion demi poin berikut ini:
  1. Daun salam dikenal sebagai hepaprotektor. Senyawa antioksidan di dalamnya (2 kali kipat lebih kuat dari vitamin E) memang ampuh melindungi serta memelihara organ tubuh termasuk hati.
  2. Daun salam bisa mengurangi potensi terkena penyakit degeneratif karena ia mengandung zat penting seperti neral, cetechin, penene serta limonene yang dikenal mampu menghambat perkembangan sel abnormal di dalam tubuh.
  3. Daun salam merupakan immune booster. Hal ini terkait erat dengan kandungan vitamin yang ada di setiap helainya.
  4. Daun salam sangat baik dalam melancarkan serta menyehatkan pencernaan manusia. Sebagai efek samping pencernaan yang lancar, perlahan berat badan tubuh akan menyusut. Karena hal inilah sehingga daun salam juga dikenal ampuh menormalkan berat badan seseorang.
  5. Daun salam juga dikenal bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini terkait dengan kandungan tannin dan flavanoida yang ada di dalamnya.
  6. Daun salam bermanfaat untuk meringankan bahkan menyembuhkan penyakit asam urat. Hal ini terkait erat dengan kandungan vitamin C dan juga B kompleks yang memang baik dalam mengatasi asam urat.
  7. Daun salam ampuh mengurangi akibat buruk dari penyakit diabetes, mengusir kolesterol, maag, batuk-batuk, diare, hingga penyakit kulit.

Manfaat daun salam bagi kesehatan
ini telah dibuktikan oleh nenek moyang kita dan juga diperkuat oleh argument ilmiah. Karena itu, jika pada makanan Anda menjumpai daun salam, jangan dibuang tapi dikonsumsi sebab bisa membantu Anda memelihara keseimbangan tubuh.