Manfaat Daun Salam Untuk Asam Urat

daun salam untuk asam urat
Jika Anda merasakan nyeri di persendian, boleh jadi Anda menderita asam urat atau yang dikenal juga dengan istilah uric acid, urate. Penyakit yang satu ini diakibatkan konsumsi senyawa purin yang berlebihan. Purin ini sendiri akan diolah oleh tubuh kita menjadi asam urat. namun apabila kadar asam urat berlebihan di dalam tubuh, maka ginjal tak akan lagi mampu mengeluarkannya melalui urin. Asam urat berlebih ini kemudian akan menumpuk di dalam persendian. Dan tumpukan kristal asam urat inilah yang membuat sendi kita terasa nyeri. Penyakit ini tentu mengganggu aktifitas sehari-hari. Oleh sebab itu, penanganan khusus harus dilakukan. Umumnya orang-orang akan mengkonsumsi obat untuk asam urat. Namun bagi mereka yang tak ingin terlalu akrab dengan obatan kimia biasanya beralih pada obatan herbal. Nah, tahukah Anda bahwa manfaat daun salam untuk asam urat ini cukup nyata? Banyak penderita asam urat yang telah membuktikannya.


Kandungan Daun Salam

Dalam obat-obatan yang diklaim bisa menyembuhkan asam urat terkandung vitamin B kompleks yang memang bisa membantu tubuh kita dalam mengkonversi senyawa asam urat agar tidak menumpuk. Zat lainnya adalah L-gluthatione yang membantu organ ginjal dama membuang asam urat. Senyawa ketiga yang dibutuhkan adalah vitamin C. Senyawa ini akan membantu penderita menanggulangi rasa nyeri di sendinya. Nah hampir semua zat yang ada di dalam obatan kimia ini juga dijumpai dalam lembaran daun salam. Hal ini yang menjadikan ia ampuh untuk mengobati asam urat. Bagaimana caranya?

Rebus dan Minum

Manfaat daun salam untuk asam urat ini bisa didapatkan dengan beberapa tahapan pengolahan. Adapun resep ramuan penghilang asam urat tersebut sebagai berikut:
  • Siapkan daun salam sebanyak 10 sampai 15 lembar.
  • Siapkan air bersih sebanyak 700 cc.

Setelah kedua bahan siap, mulailah merebus daun salam bersama dengan air. Tunggu hingga air susut menjadi 200 cc saja. Angkat dan diamkan rebusan. Minumlah dalam keadaan hangat setiap hari hingga penyakit Anda hilang. Ingat, jangan konsumsi ramuan ini dalam keadaan perut kosong. Dan jangan pula mengkonsumsinya bersamaan dengan obat kimia. Berilah selang 1 sampai 2 jam. Manfaat daun salam untuk asam urat ini akan terasa nyata apabila Anda mengkonsumsinya dengan cara yang benar dan di waktu yang tepat. Selain itu, kunci kesehatan dari pengobatan herbal adalah kedisiplinan. Jadi, telatenlah!