Beberapa Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan

khasiat daun salam
Daun salam selama ini lebih banyak dikenal sebagai tanaman rempah. Ia memang mampu menambah cita rasa masakan dan digunakan hampir di semua jenis masakan tradisional. Tapi tahukah Anda bahwa tanaman bernama latin Syzygium polyanthum ini juga merupakan tanaman obat dengan sejuta khasiat? Nenek moyang kita telah lama menggunakannya untuk mengobati sejumlah penyakit ringan hingga serius. Khasiat daun salam ini memang telah terbukti dan dikuatkan oleh penelitian ilmiah. Sebagai informasi tambahan, daun salam mengandung banyak senyawa penting. Jadi, mengkonsumsi daun salam sudah barang tentu menyehatkan. Nah, sudah tahukah Anda cara mendapatkan khasiat tersebut? Artikel ini akan menjawab rasa ingin tahu Anda.


Mengusir Diare

Salah satu khasiat daun salam adalah membantu mengobati penyakit diare. Caranya mudah, cukup ambil 20 lembar daun salam yang telah tua dan kemudian rebus bersama dengan air sebanyak 2 liter. Tambahkan pula ke dalam rebusan 2 sdm garam. Setelah rebusan mendidih, angkat dan tunggu hingga suhunya hangat suam kuku. Minumlah secara rutin setiap hari hingga diare Anda lenyap.

Meringankan Penyakit Diabetes

Untuk mendapatkan khasiat yang ini, ambillah daun salam sebanyak 15 lembar. Kemudian cuci bersih di air mengalir. Kemudian rebus daun tersebut bersama dengan air sebanyak 5 gelas. Tunggu hingga air susut menjadi 2 gelas saja. Minum dalam keadaan hangat sebanyak 3 kali dalam sehari.

Menanggulangi Penyakit Maag

Khasiat daun salam yang satu ini bisa didapatkan dengan cara merebus daun salam sebanyak 20 lembar bersama dengan 2 liter air. Rebus hingga kira-kira 30 menit lamanya. Kemudian angkat dan minumlah air rebusan tadi. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan gula jawa ke dalamnya.

Untuk Asam Urat

Jika Anda terkena penyakit asam urat, cobalah ambil daun salam yang telah tua sebanyak 10 lembar. Bersihkan dan kemudian rebus bersama dengan air bersih sebanyak 5 helai. Terus rebus hingga air susut menjadi hanya 2 gelas saja. Minum di pagi dan malam hari secara teratur hingga penyakit asam urat Anda lenyap.

Menormalkan Koletserol

Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darah, cobalah ambil daun salam sebanyak 10 lembar. Cuci bersih di air mengalir dan kemudian rebus bersama dengan 4 gelas air. Tunggu hingga susut menjadi 1 gelas. Minum air rebusan ini setiap Anda hendak tidur di malam hari.

Mengusir Penyakit Hipertensi

Khasiat daun salam yang satu ini bisa didapatkan dengan mudah. Caranya ambil 10 lembar daun salam dan kemudian cuci bersih. Rebus bersama dengan air 3 gelas dan tunggu hingga susut menjadi 1 gelas. Minum ramuan ini secara teratur di pagi hari hingga tekanan darah Anda normal kembali.

Menurunkan Berat Badan

Khasiat lain daun salam adalah untuk membantu menormalkan berat badan Anda. Caranya cukup mudah yakni dengan merebus air sebanyak 2 gelas. Saat air tersebut telah mendidih, masukkan 30 lembar daun salam yang telah dicuci bersih. Rebus air dan daun salam hingga air susut menjadi 1 gelas saja. Angkat dan minum saat dingin. Lakukan teratur setiap hari.